DaerahJawa

380 Atlit Cianjur Di Tes Fisik Jelang Porpov 2022

Warta Desa
Rabu, 06 Juli 2022, Rabu, Juli 06, 2022 WAT
Last Updated 2023-10-02T12:38:27Z


Cianjur - Sebanyak 380 atlet Cianjur mengikuti test fisik jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar tahun 2022. Para atlet Cianjur ditargetkan meraih banyak medali dalam ajang olahraga tersebut.

Test fisik itu digelar KONI Cianjur di Gedung Gelora Muda di Jalan Ir H Juanda Penembong, Desa Limbangan Sari Kecamatan Cianjur, Kegiatan ini melibatkan PJKR Universitas Suryakencana. Ada sebanyak 380 atlet dari 38 cabang olahraga (Cabor) yang ikut tes fisik yang digelar selama tiga hari.

Menurut Wakil Ketua II Bagian Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Cianjur Amril Rahmat Solihin, menuturkan test fisik rencananya dilakukan dua kali. Yakni selama tiga hari di Juli ini dan pada awal bulan September mendatang.ujarnya Kepada Wartawan Rabu 07 /07/ 22

"Untuk sekarang test awal, dilakukan dari Senin sampai Rabu. Untuk mengetahui kondisi fisik awal. Nantinya September akan dilakukan test fisik lagi, untuk melihat perkembangan fisik dan kesiapan para atlet jelang Porprov 2022." Ucapnya.


Dengan mengetahui performa para atlet, KONI nantinya akan memiliki gambaran untuk target medali yang bisa diraih.

"Kami harapkan saat test berikutnya ada peningkatan dari fisik atlet- atlet ini, sehingga bisa meraih medali sebanyak-banyaknya dan membawa harus Cianjur di ajang Porprov 2022,"Katanya. 

Sementara itu menurut Ketua Prodi PJKR Unsur Cianjur Ervan Kastrena, mengatakan, tes kesehatan dan tes fisik bagi para atlet terdiri dari beberapa variabel, mulai dari kelenturan, otot, hingga kecepatan para Atlet

"Diantaranya tes sit and reach untuk kelenturan, selanjutnya, tes vertikal jump untuk power otot tungkai, lanjut lari sprint untuk kecepatan, push up, sit up, squat jump, back up untuk kekuatan, side step test untuk kelincahan dan terakhir daya tahan cardiovascular menggunakan beep test," katanya. 


Selain itu, Test dilakukan untuk mengetahui kondisi awal fisik atlet dan nantinya akan menjadi data para pelatih untuk menyusun program latihan.

"Dari hasil test ini bisa ditentukan program latihan untuk para atlet sehingga bisa menunjukkan performa yang maksimal dalam Porprov nantinya."
Pungkasnya. Ekamerdeka. (Andri. R) 

TrendingMore