DaerahJawa

Dasar Dari Kita Membuat Media Online Warta Desa dan Channel Warta Desa tv

Warta Desa
Sabtu, 16 Juli 2022, Sabtu, Juli 16, 2022 WAT
Last Updated 2023-10-02T12:38:27Z


PERAN MEDIA ONLINE

MEDIA Berita online telah menjadi bagian dari perjalanan Pers Nasional. Sebagai bagian dari media elektronik, media online tumbuh subur di Indonesia terutama sekitar delapan tahun terakhir ini teknologi sangat mendukung keberadaanya dan jadi kebiasaan mengakses berita yang lebih cepat (online).

Seperti diketahui, Jika mengacu kepada UU No 40 tahun 1999 tentang Pers maka fungsi yang harus dimainkan media adalah sebagai penyebar informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. jika fungsi-fungsi ini tidak dijalankan oleh media online, bisa jadi kehadirannya tidak memberikan dampak positif.

Padahal, media online apapun seharusnya bisa membuat masyarakat semakin Cerdas sekalipun mampu mengungkap banyak kasus penyimpangan yang dilakukan penyelenggara pemerintah. Sebaliknya, publik bisa makin makin bingung bila mana media online hanya dijadikan target ekonomi semata. Jangan sampai peran media online hanya dijadikan ajang bisnis, dan berita2 nya hanya sekedar mengikuti pesanan informasi saja. Itu sudah jelas tidak termasuk pada produk jurnalistik yang profesional.


Jangan sampai media online dijadikan sepenuhnya motif ekonomi pribadi. Jangan sampai sajian berita/informasi hanya untuk mendapat klik, view sebanyak-banyaknya. Jika hal itu terjadi berdampak pada ketidak profesional produk Jurnalistik dan menyajikan informasi yang tidak bermutu bahkan mungkin tidak mencerdaskan.

Insa Allah media online Warta Desa dan Channel Warta Desa akan berusaha menjadi Media yang profesional. Baik di tataran para jurnalisna maupun tataran staf Redaksi. Sesuai dengan undang-undang Pers maupun aturan dewan pers.

Kami susunan redaksi warta Desa Mohon pada rekan-rekan Birokrat, Legislatif, yudikatif, APH Beserta pihak swasta bisa jadi Mitra kerja warta desa dan warta desa juga jadi mitra kritis.

Demikian sedikit gambaran Dibikin nya media online Warta Desa untuk memberikan informasi sesuai dengan undang-undang pers dan aturan yg berlaku.

Wslm
Andri Budimansyah
Pimred

TrendingMore