DaerahJawa

Ratusan Santri antusias mengikuti Munaqosah Akbar di Pondok pesantren Izzul Islam Cianjur

Warta Desa
Selasa, 07 Maret 2023, Selasa, Maret 07, 2023 WAT
Last Updated 2023-10-02T12:38:27Z


Wartadesa-Munaqosah Tahfidz Al-Qur'an merupakan Ujian Tahfiz yang dilakukan oleh para Santri Santriwati setiap tahunya Tujuan diadakan kegiatan ini adalah menjadikan generasi mendatang para penghafal Al-Quran dan memberi bekal untuk mereka terjun ke masyarakat dalam hal Ubudiyah.

Kegiatan Munaqosah Akbar ini dilaksanakan pada Hari Minggu,( 5/3/2024) di halaman Pondok pesantren Izzul Islam Jl K,h Saleh no 7, Desa Sukamanah, kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 300 Santri santriwati dari berbagai pondok pesantren.
Kehadiran Guru serta para tamu undangan dan penanya dari berbagai pondok pesantren yang ada di Cianjur maupun luar kota Cianjur.


Pimpinan pondok pesantren KH RD Wawan Ridwan selaku penyelenggara memberikan pesan " kepada seluruh Santri santriwati/siswa siswi semoga lulusan pondok pesantren Izzul Islam ini para siswa-siswi menjadi penghafal,membaca dan bisa mengajarkan serta mengamalkan Al Qur'an dan bisa menjadi umat Islam terbaik." Ujarnya saat diwawancarai wartadesa dilokasi kegiatan

Muhammad Wawan Ridwan mengatakan, kegiatan Munaqosah Akbar ini para santri santriwati mengikuti pengujian berbagai hal-hal berupa sambung ayat serta maqra-maqra yang di uji oleh penguji dari beberapa pondok pesantren yang ada di Cianjur maupun luar kota Cianjur.

" Materi yang diujikan itu seputar materi atau ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti pembelajaran di pondok Pesantren Izzul Islam, Menterinya itu mencukup Tartil Al-Qur'an, terus hapalan ayat pendek maupun panjang, Serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Al-Qur'an dan Sunnah mereka para santri santriwati di uji," Terang Wawan Ridwan


Kegiatan Munaqosah Akbar ini berlangsung selama dua hari, selain Kegiatan Munaqosah juga sekalian memperingati Isra mi'raj. Kegiatan Munaqosah di akhiri dengan pemberian penghargaan ( trofi piala) bagi Santri santriwati yang jadi juara dan sekaligus memberikan ijazah.

"Saya berharap Kegiatan Munaqosah Akbar ini kedepannya dijadikan budaya di kabupaten Cianjur untuk diselenggarakan di tiap-tiap pondok pesantren, karena Munaqosah Akbar ini sangat penting bagi generasi mendatang, dan Supaya Para siswa-siswi/Santri santriwati kedepannya bisa menjadi seorang penghafal Al-Quran dan bisa memberikan ilmunya di masyarakat." Pungkasnya.( Tedi Somantri)

TrendingMore