DaerahJawa

Pemkab Cianjur Peringati Upacara Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Dan Pemukulan Kentongan

Warta Desa
Rabu, 26 April 2023, Rabu, April 26, 2023 WAT
Last Updated 2023-10-02T12:38:27Z



WARTADESA - Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencanangkan setiap tanggal 26 April melaksanakan kegiatan Upacara sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana dilangsungkan pemukulan kentongan sebagai bentuk kesiagaan dalam Bencana Alam.


Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati momen bersejarah kesadaran masyarakat Indonesia terkait ditetapkannya UU 0.24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, pelaksanakan kegiatan ini dilaksanakan secara serentak setiap tanggal 26 April di tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. 


Kegiatan ini langsung dipimpin Bupati Cianjur H Herman Suherman dan dihadiri Oleh Kapolres Cianjur, Dandim, Danyon Raeder, Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur , Ketua DPRD Cianjur, serta para OPD, Kepala Desa se Kabupaten Cianjur diKampung Gunung Lanjung Desa Cijedil Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur pada hari Rabu,26/04/23.



Dalam Pidatonya Bupati Cianjur menjelaskan kegiatan Upacara ini sebagai bentuk peringatan Kesiapsiagaan dalam Tanggap Bencana 


"Hari ini adalah peringatan hari Kesiapsiagaan Tanggap bencana seluruh indonesia memperingatinnya apalagi Cianjur terkena bencana gempa bumi pada waktu lalu membuat kita sadar akan bencana ini supaya kita lebih berhati hati , maka dari itu cianjur segara bangkit pulih dan segera selesai permasalahannya, untuk yang terkena bencana harus sabar ikhlas menghadapi cobaan ini, dan pemerintah Kabupaten Cianjur akan selalu peduli terhadap bencana alam,"jelasnya.


Selain itu menurut Kepala Desa Talaga, Saprodin dirinya memberikan apresiasi terhadap kegiatan peringatan Kesiapsiagaan Tanggap bencana ini.


"Dengan adanya acara peringatan  tanggap bencana ini kami mengapresiasi ini sangat luar biasa sehingga semua Desa bisa siap siaga"singkatnya.kepada Wartadesa setelah Usai melaksanakan kegiatan Rabu 26/04/23.


Hal senada di ungkapkan Kepala Desa Mangun Kerta Ira mengatakan kegiatan Upacara Kesiapsiagaan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah dalam menangani bencana alam yang terjadi di Kabupaten Cianjur.


" Kegiatan ini sangat luar biasa dan sangat bermanfaat untuk semua Desa yang terdampak bencana alam dan banyak pelajaraan yang kita dapat kita sebagai kepala Desa Bisa sangat hati-hati dan bisa berjaga-jaga menghadapi setiap bencana alam yang terjadi di Kabupaten Cianjur."tandasnya***Rini***

TrendingMore