DaerahJawa

Software Sakusoft Aset Penting Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Akreditasi Sekolah

Warta Desa
Kamis, 06 April 2023, Kamis, April 06, 2023 WAT
Last Updated 2023-10-02T12:38:27Z



WARTADESA - Sopfware SAKUSOFT  dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di sekolah sebagai perpustakaan sekolah merupakan sebuah aset penting bagi sekolah, karena selain merupakan gudang ilmu pengetahuan, Perpustakaan sekolah berpotensi besar dalam meningkatkan prestasi sekolah dan para siswa pada khususnya. 


Adanya perpustaakan yang dimanfaatkan secara maksimal tentulah akan meningkatkan kompetensi literasi baik itu siswa maupun guru. 


Perpustakaan sekolah yang dapat membangun sebuah eskositem pendidikan secara baik,  akan tetapi juga sangatlah disayangkan nya,  saat ini masih banyak sekolah yang belum memaksimalkan dengan adanya perpustakaan sekolah, Padahal tiap tahun sekolah sesalu mengadakan pembelian buku yang jumlahnya juga tidak bisa dibilang sedikit. 


Dalam Penambahan buku tiap tahunnya merupakan hal yang biasa dilakukan pihak sekolah karena penggunaan dana BOS pusat,  menjadi salah satu komponen pembelanjaanya dalam mengembangkan perpustakaan sekolah.



Menurut Burhanudin S. Pd. M. M Menuturkan ' Mengacu kepada undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, dalam pelaksanaannya,  sekolah sudah seharusnya mengelola perpustakaan secara elektronik atau menyesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini. 


Masih tuturnya ' Dengan demikian sekolah selain bisa mencatat dan mengakomodir buku sekolah dengan efektif, efisien dan akuntabel namun

Seyogyanya pengembangan sekolah tidak mesti dengan penambahan koleksi buku, namun juga diimbangi dengan peningkatan layanan dan manajemen administrasi perpustaakan yang baik.


Tati Hartati S. Pd. Kepala perpus Menambahkan' Salah satu yang menjadi kendala dalam manajemen dan administrasi perpustakaan sekolah seperti belum menggunakannya aplikasi pepustakaan berbasis TIK atau Sistem Informasi Manajemen (SIM).


Adapun aplikasi yang bisa gunakan untuk manajemen dan administrasi sekolah adalah aplikasi Sakusoft yang merupakan Sebuah Software aplikasi manajemen Perpustakaan sekolah untuk sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Cianjur.



Masih tuturnya ' program yang Bersifat online dan offline untuk dapat digunakan dengan efektif dan efisien terutama saat melayani murid - siswa sebagai pemustaka,  di samping itu juga dapat digunakan sebagai sarana pelaporan dan pembinaan antara pihak sekolah dengan Dinas Pendidikan.


Program  Sakusoft ini meliputi Penyimpan dan penggunaan data buku-buku Perpustakaan sekolah dan peminjaman serta pengembalian buku oleh setiap anggota perpustakaan sekolah, Kartu anggota perpustakaan yang siap di print, Berbasis web base (online) yang dapat dioperasikan secara offline, Seluruh data yang di input dapat di simpan dan di print sebagai arsip dan laporan dalam bentuk microsoft exel serta Manual book dan video tutorial untuk pemasakan aplikasi sakusoft pada laptop ataupun komputer sekolah.


Selain itu ada pula Website One akses yang merupakan bagian sebuah website informasi aktifitas perpustakaan sekolah khusus untuk di kabupaten Cianjur,  

Melalui aplikasi sakusoft Cianjur sebagian data penting perpustakaan sekolah dapat di upload secara otomatis ke website sakusoft.


Menurut Informasi dari Pihak Perpustakaan sekolah ke Dinas pendidikan di sakusoft ini memberi kemudahan bagi Dinas Pendidikan dalam pembinaan dan pengambilan keputusan. 

(**Deri Lesmana**)

TrendingMore