DaerahJawa

Tingkatkan Perlindungan terhadap PMI, PD SPMI-PP Cianjur Gelar Acara Sosialisasi

Warta Desa
Minggu, 16 April 2023, Minggu, April 16, 2023 WAT
Last Updated 2023-10-02T12:38:27Z


Wartadesa-Serikat Peduli Migran Indonesia Perisai Pancasila( SPMI-PP) mengelar Sosialisasi peluang kerja luar negeri dan memberi penjelasan perihal penempatan dan perlindungan PMI,kegiattan tersebut bertempat di Gedung Serbaguna PGRi Kandang Winaya, Kecamatan Cibinong,Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Hari Kamis (13/042023).

Acara Sosialisasi SPMI-PP Dihadiri, antara lain P2W JBN MPN Pemuda Pancasila Raden Ayu Dewi Gumay,Kepala Dinas Kesbangpol Cianjur  Rahmat Hartono( perwakilan Bupati Cianjur), Analis Tenaga kerja Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) wilayah Jawa Barat diwakili Atep Suryadi Hidayat, para pengurus pusat Serikat Peduli Migran Indonesia Perisai Pancasila (SPMI-PP) yaitu Waketum 1 Usolli Siringgo, Waketum II E.Pranoto, plh. Ketua Nursalim serta jajaran para pengurus lainya bersama PD SPMI-PP kabupaten Cianjur, dan para tamu undangan lainya.

Hadir sebagai narasumber dari BP2MI Brigjen Pol Suyanto, SIK,MSi sebagai direktur Perlindungan dan pemberdayaan, Analis Tenaga kerja BP3MI Jawa Barat.

Dalam sambuttan Kadis Kesbangpol, Rahmat Hartono menyampaikan permohonan dari Bupati Cianjur tidak bisa hadir, karena Beliua ada Rapat paripurna dengan DPRD. " Ia pun mengapreasi kegiatan yang dilakukan PD SPMI-PP ini, kegiatan seperti ini merupakan langkah positif preventif karena bisa meminimalkan penyimpangan dalam pengelolaan PMI yang masih sering terjadi di kabupaten Cianjur, karena memang Cianjur merupakan basis pengiriman PMI di Jawa Barat, pertahunnya PMI yang berangkat dari Cianjur jumlah cukup besar." Ungkapnya

Lanjut Rahmat, ia berharap, mudah-mudahan dengan adanya kantor Imigrasi di Kabupaten Cianjur bisa memudahkan para calon PMI maupun warga Cianjur lainya untuk urusan pembuatan Paspor, hingga tak mesti ke Kabupaten lain.

Sementara keynote Speaker PAW Jawa, Bali, NTB MPN  Pemuda Pancasila Raden Dewi Gumay dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi menuturkan ia rela menyepatkan datang ke Cianjur karena hal ini sangat penting dan ia Rela menempuh perjalan dari Karawang-Cianjur Selama berjam-jam berdua dengan rekannya demi sukses dan berjalanya kegiattan ini. 

" Adanya kegiatan Sosialisasi tentang peluang kerja keluar negeri lebih Hususnya penjelasan perihal penempatan dan perlindungan para PMI. Jelas sangat berguna sekali bagi para PMI, karena setiap PMI yang akan berangkat penting memiliki kesiapan secara mental dan harus mempunyai keterampilan sesuai dengan yang dibutuhkan di lokasi pekerjaan." Ungkapnya


Ayu Dewi juga mengungkapkan, selain keynote Speaker P2W dirinya juga ketua Umum Gebrakan Anti Narkoba. Ia memberikan pesan pada para PMI harus bisa menjaga diri jangan sampai dimanfaatkan sebagai kulir narkoba. seperti, sudah banyak kejadian para PMI dijadikan target para bandar narkoba untuk dijadikan kulir narkoba. jadi bagi PMI harus bisa menjaga diri yah.

Sementara ketua PD SPMI-PP Kabupaten Cianjur Elan Jaelani,S.PD.I,CM.IL menuturkan walaupun kegiatan ini sangat mendadak lima hari Harus terlaksana, tapi Alhamdulilah kegiatan Sosialisasi ini berjalan lancar dan terlaksana juga. Walaupun kegiatan ini tergolong singkat tapi antusias para tamu undangan dan warga yang datang melebihi perkiraan.

" Tamu undangan yg datang ini diluar perkiraan, dihadiri 300 peserta, para perangkat desa di 3 kecamatan, PAC Pemuda Cibinong, Siswa-Siswi dan para Alumni SMK-SMA,rekan LSM, ormas serta organisasi kepemudaan di Cianjur turut hadir. Dan mereka semua menyatakan dukungan atas adanya kegiattan ini." Ujar Elan Jaelani saat diwawancarai awak media 

Selain itu saya juga mengucapkan rasa terima kasih pada Bupati Cianjur Bapak Herman Suherman yang bersedia jadi Pembina PD SPMI-PP kabupaten Cianjur. 


" Saya berharap adanya PD SPMI-PP diKabupetan Cianjur ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan siap SPMI-PP berkerja sama dengan BP2MI dalam meningkatkan perlindungan PMI, selain itu, kita juga siap menampung keluhan para PMI, dan siap menjadi tim Advokasi para PMI." Pungkasnya. ( Bah Andri )

TrendingMore