DaerahJawa

PERANAN PEREMPUAN DI DESA TALAGA

Warta Desa
Senin, 24 April 2023, Senin, April 24, 2023 WAT
Last Updated 2023-10-02T12:38:27Z



WARTADESA - Peranan seorang kaum perempuan di era milenial ini, sangatlah penting, kini di Desa Talaga di Hari kemenangan umat Islam kaum Perempuan ini menyelenggarakan solat Idhul Fitri di Mesjid Jami Al'Barokah Kampung Koleberes Desa Talaga,Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Pada Hari Sabtu 22/04/23.


Penyelenggaraan solat Idul Fitri di mesjid Al Barokah ini dipadati kaum - kaum perempuan dengan seorang Imam yang sudah fasih dan biasa menjadi imam setiap tahun saat hari Idul Fitri tiba. 


Semua ma'mum saat solat Idul Fitri begitu khusu mengikuti dua rakaat solat Ied dari mulai anak - anak, dewasa, hingga Ibu - ibu yang sudah tua.dalam kegiatan solat ini di hadari Kabid Yanrehsos Dinas sosial Dewi Pudjiati  S.IP, MM beserta putrinya.



Dalam ceramah Idul Fitri kali ini berisi tema menyadarkan kesabaran, keikhlasan dan bersyukur dalam kehidupan, karena selama ini Kampung Koleberes Desa Talaga Kecamatan Cugenang ini terdampak gempa bumi yang mengakibatkan banyak korban meninggal dunia,juga rumah rumah milik warga yang rata dengan tanah.


"Kita harus selalu bersyukur pada semua yang terjadi dalam kehidupan ini, harus sabar dan syukur adalah obat mujarab menghadapi kehidupan ini."Ucap Ustadzah Cucu Aliyah saat wawancara Wartadesa usai solat idul fitri, Sabtu 22/04/23.



Cucu Aliyah juga berpesan kepada semua umat muslim yang terdampak gempa khususnya di wilayah Desa talaga harus tetap bersabar dan istiqomah.


"Saya berpesan kepada semua masyarakat Desa Talaga harus tetap sabar dan ikhlas karena masih dalam situasi terdampak gempa semoga  Masyarakat tetap Istiqomah dan sabar menghadapi nya kita pasrahkan sama Allah Swt , semua akan menjadi Indah pada waktunya."tuturnya.


Selain itu Kabid Yanrehsos Dinas sosial Dewi Pudjiati  S.IP, MM mengatakan dalam kegiatan solat idul fitri ini merasa bangga bisa bersanding dengan perempuan - perempuan Desa Talaga yang hebat.


"Saya bersyukur bisa solat Id di mesjid Al'Barokah Kampung Koleberes Desa Talaga bisa bertemu dengan Perempuan perempuan hebat, ada Bu Kades, Bu Rt dan perempuan mandiri lainnya, karena kita sama - sama perempuan mari kita jadi perempuan mandiri dan jadi Ibu rumah tangga Idaman suami dan anak."kata Dewi Pudjiati kepada Wartadesa. 


Dewi juga menuturkan dalam situasi yang terdampak gempa bumi di wilayah Desa talaga cepat selesai.


"Kami menginginkan semua dampak gempa segera tuntas tidak menyisakan masalah, karena berbagai Profesi Perempuan ada di Desa Talaga dari petani sampai guru dan Rt , Bpd Perempuan, aparat Desa ada berperan di Desa Talaga, Perempuan itu harus diutamakan karena Perempuan Sama punya keinginan untuk memajukan desanya,"tuturnya



Selain itu Istri Kepala Desa Talaga selaku Ketua PKK Elis Sutarsih menjelaskan peran penting perempuan dalam segala aspec harus bisa sejalann dengan kehidupan sehari - hari.



"Kami selaku ketua PPK Desa Talaga peran penting perempuan itu harus bisa membantu perekonomian dirumah tangganya masing masing, contoh seperti saya yang mengelola rumah makan bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan dengan tetap mengemban tugasnya sebagai Ibu rumah tangga. Alhamdulillah sebagai Perempuan yang Mandiri saya bisa membantu suami."jelasnya.


Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cianjur Anita Sincan menambahkan sebagia perempuan jangan kalah sama laki - laki harus mempunyai mental yang kuat, juga harus gesit.


"Perempuan itu harus mempunyai mental yang kuat gesit dan juga pintar mengelola keuangan, bisa meraihbhati seorang suami dan anak - anak,  juga bisa mendorong mendukung pekerjaan suami."tandasnya ****Rini***

TrendingMore