Rapat koordinasi bersama stakeholder dalam pilkada serentak

Warta Desa
Sabtu, 24 Agustus 2024, Sabtu, Agustus 24, 2024 WAT
Last Updated 2024-08-24T05:35:47Z




Wartadesa Cianjur :  Dalam tahapan pengawasan menjelang pemilihan bupati  dan Wakil Bupati kabupaten cianjur Tahun 2024 langkah KPUD meminimalisir terjadinya pelanggaran.

Ketua KPUD, Ridwan menyampaikan bahwa  rakor stakeholder yang dilaksanakan oleh KPUD untuk melihat persiapan menjelang pemilihan serentak 2024 dimana hal ini pertama kali diadakan serentak di Indonesia, dimana sebelumnya dilakukan secara bergelombang.

”Rekan-rekan ASN kami mohon untuk tidak terlibat dalam politik praktis, begitu pula dengan rekan-rekan TNI dan POLRI, agar tetap menjaga netralitas dan kondusifitas untuk terciptanya pemilihan serentak yang aman dan damai bagi kita semua,” ungkap Ridwan dalam sambutannya di palace Hotel . Sabtu (24/08/2024)

Pada kesempatan yang sama, ketua Bawaslu, memaparkan strategi dan kesiapan bawaslu cianjur dalam menghadapi pemilihan serentak tahun 2024. Ia  menyampaikan  berbagai masalah dan tantangan yang  muncul ketika Pemilu diadakan secara bersamaan, beberapa isu yang muncul bisa menjadi suatu permasalahan, seperti politik identitas, polarisasi agama, dan polarisasi kehidupan.

”kita bisa melihat kondisi cianjur, yang pertama tentang logistik. situasi geografis memang memberikan ancaman dan tantangan tersendiri. Dengan mengulas balik pemilu kebelakang kami coba melihat beberapa wilayah pada saat distribusi logistik di daerah terpencil namun dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik, ini menjadi pijakan kita kedepan  agar bisa menangani hal tersebut,” tegasnya

”kemudian keamanan dan ketertiban di kabupaten cianjur, adanya potensi konflik dan ancaman keamanan. Potensi konflik ini dalam Pemilihan serentak seringkali meningkatkan ketegangan politik antar penduduk, kita tahu bahwa kadang-kadang perbedaan pandangan seseorang dalam suatu keluarga itu bisa bermaslah kalau kita tidak bisa menanganinya dengan baik, dampaknya permusuhan dalam keluarga karena pilihan yang berbeda,” tambahnya

" Masih ketua KPUD, agenda elektoral kedua tidak kalah pentingnya yang akan dilaksanakan tepatnya pada 27 November 2024, yaitu Pemilihan Kepala Daerah secara serentak, jadi mengapa di dalam roadmap Pilkada atau Pemilihan itu dimulai dari tahun 2015 yang awal skenarionya setiap daerah itu pelaksanaannya berbeda-beda, karena desain politiknya bagaimana Pilkada ini dilaksanakan secara serentak, ” tambah Ridwan

” kami Siap dan mitigasi luar biasa yang sudah di paparkan. Siap itu saja tidak cukup kalau kita tidak melihat poin penting yang harus kita persiapkan yang tentu saja bisa kita lihat dari proses sebelumnya dengan apa yang nanti coba kita prediksi sehingga itulah pentingnya kolaborasi,”

Ia juga menambahkan bahwa poin penting yang bisa menguatkan adalah bagaimana menghadapi Pilkada 2024 nantinya dengan memadukan antara kewenangan dan kebijakan selanjutnya untuk dilaksanakan.

** Deri Lesmnana **

TrendingMore